Home » » HARGA PAKAN TINGI,BORO TERNAK BEBEK BERDATANGAN

HARGA PAKAN TINGI,BORO TERNAK BEBEK BERDATANGAN

Written By ppkfmsragi.blogspot.com on Sabtu, 16 Oktober 2010 | 21.13


SRAGI - Nampak di sekitar tepi jalan raya kedungjaran berdiri beberapa tenda berukuran kecil dengan dikelilingi ribuan bebek disekitarnya.

tenda tersebut merupakan kandang darurat yang digunakan oleh peternak bebek dari luar daerah untuk merantau (boro) memelihara ternak bebeknya diwilayah kecamatan sragi.

Saat ditemui ,peternak bebek bernama Kasur (42) dari kabupaten batang mengatakan bahwa dirinya sudah satu bulan berada diwilayah sragi untuk memelihara bebek dengan cara merantau (boro) keluar daerah.

hal ini dilakukan untuk mengurangi harga pakan yang tinggi,bila dbandingkan dengan cara merantau maka bisa mengurangi harga pakan yang mahal.

saat ternak bebek ditempat tanpa dibawa kesawah-sawah atau dialam terbuka maka harga pakan bebek mencapai 300 ribu untuk 150 bebek per hari,sedangkan dibandingkan dengan cara merantau maka tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pakan bebek"ungkapnya saat beristirahat menunggu hewan ternaknya.

hal senada juga disampaiakan oleh Amin (38) peternaka asal petarukan disela-sela istirahat,untuk memelihara bebek disawah cukup memanfaatkan sisa-sisa padi yang sudah dipanen dengan menggiring bebek-bebek ke lokasi yang banyak sisa padinya.

pada saat pagi hari bebek ternaknya dibiarkan berkeliaran mencari pakan di sawah hingga sore hari,kemudian saat petang bebek-bebek tersebut dimasukkan ke tenda darurat.

Bertahan Hidup

untuk mencukupi kebutuhan sehai-harinya,peternak hanya mengandalkan telur yang dihasilkan dari bebek tersebut.

pasalnya saat produksi bebek baik,maka dalam satu hari dari seratus bebek bisa menghasilkan 70 butir telur.

kemudian telur tersebut dijual dan biasanya diambil oleh pembeli di tenda daruratnya dengan harga seribu rupiah untuk satu butir telur.

apabila kebutuhan pakan ternak disawah sudah sedikit maka dirinya akan berpindah tempat ke daerah lain yang sudah panen padi dan kemungkinan kana membawanya ke tempat asal. (djnarto)

0 komentar:

Posting Komentar

streaming ppk fm sragi

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. radio Komunitas PPK Fm Sragi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger