FT lakukan Trial sebelum Pengaspalan Jalan PNPM

Sragi(30/5)-Bertempat dilokasi Dukuh Condongsari,Desa Bulaksari,(30/5),Tim Monitoring yang terdiri dari FT,FK,PjOK,UPK,PL dan Tim Verifikasi Sarpras, melakukan penyuluhan kepada seluruh masyarakat yang akan terlibat dalam pelaksanaan pengaspalan jalan tersebut berupa pembuatan contoh pengaspalan jalan yang baik diperagakan oleh Fasilitator Teknik dengan SISTEM TRIAL
Sistem TRIAL adalah cara yang digunakan untuk melatih masyarakat sambil meningkatkan kualitas konstruksi.dan dalam pelaksanaan pembuatan system trial,contoh pembuatan aspal jalan harus betul-betul dibuat dengan kualitas yang memenuhi segala persyaratan teknis,Karena contoh merupakan batas maksimal kualitas yang akan dikejar oleh masyarakat:tutur Gondo Mulyono selaku Fasilitator Teknik PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Sragi.
Gondo juga menambahkan bahwa dalam pengerjaan aspal jalan ini agar TPK dan masyarakat bisa meningkatkan kualitas prasarana yang dibangun,bukan untuk mengejar target fisik atau kuantitas semata.
Dalam PNPM bahwa sistem TRIAL terdiri dari tiga langkah yaitu ;
1. “CONTOH Pengaspalan Jalan” dibuat bersama fasilitator teknis. Orang yang ikut membuat contoh adalah tokoh masyarakat (TPK,Kepala Kelompok,KPMD,Kepala Dusun,Tim Pemantau,dan hanya beberapa masyarakat biasa). Fasilitator ikut bekerja,dan memberi instruksi
2. “TRIAL” atau percobaan oleh masyarakat dibawah pimpinan orang yang membuat contoh di atas. Setelah TRIAL selesai (sekitar 100 m jalan,misalnya) kualitas dinilai FT. jika kualitas kurang baik maka harus dilatih lagi dan diperiksa lagi.
3. Jika kulaitas sudah baik berarti masyarakat sudah mampu melaksanakan dengan kualitas baik,sehingga pelaksanaan dapat diteruskan dengan pengawasan.
Dalam pelaksanaan TRIAL aspal ini, pengucuran aspal dilakukan dengan mesin Sprayer aspal,sehingga didapat kualitas yang bagus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FT lakukan Trial sebelum Pengaspalan Jalan PNPM"

Posting Komentar