KEJAR RAKOM Solusi Belajar di masa Pandemi Covid 19

Program Acara KEJAR RAKOM kegiatan Belajar Mengajar diMasa Pandemi
Sragi- Program Acara Kelas Mengajar di Radio Komunitas adalah Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukan oleh Bapak/Ibu Guru di studio radio komunitas dengan menyampaikan materi Muatan pelajaran Tema dan Sub Tema yang sudah disusun kemudian murid muridnya mendengarkan dirumah dengan menyimak siaran Gurunya melalui radio.


Hal ini dilakukan oleh SDN Tegalontar yang awalnya Kepala Sekolah mempunyai permasalahan kegiatan belajar mengajar melalui media jaringan (DARING). dari penerapan Daring yang sudah dilakukan kepada 289 siswa, yang dapat mengikuti pembelajaran terdapat 144 Siswa. hal ini karena beberapa fakta ditemukan setelah diidentifikasi oleh pihak sekolah. diantaranya ada yang tidak mempunyai HP, punya HP Android tetapi tidak bisa aplikasinya, punya Android tetapi seringkali tidak punya Kuota untuk belajar karena terbentur ekonomi untuk kebutuhan sehari hari membeli sembako dimasa pandemi.

Permasalahan tersebut diceritakan kepada pegiat radio komunitas PPK FM Sragi sebagai bahan diskusi awalnya. hal demikian disambut terbuka bagi pengelola radio komunitas (rakom) dengan memberi waktu dan ruang siarannya untuk kegiatan belajar mengajar.

Atas diskusi tersebut kemudian Yoso ,Sebagai kepala Sekolah SDN Tegalontar 01 Sragi mengajak Guru Gurunya datang ke Studio untuk memperkenalkan studio radio komunitas dan berdiskusi dengan permasalahannya mengatasi kegiatan belajar mengajar dimasa Pandemi Covid19 yang belum diperkenankan untuk melakukan belajar disekolahan.

Pegiat Rakom PPK FM Sragi mencatat beberapa masalah yang dialami untuk dilanjutkan secara teknis pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di radio komunitas ppk fm sragi.
selanjutnya pembahasan kegiatan yang akan dilakukan bersama dalam belajar mengajar di radio komunitas bernama KEJAR RAKOM yaitu Kelas Mengajar di Radio Komunitas.

Tujuan Pembelajaran KEJAR RAKOM adalah untuk memberikan hak Pendidikan bagi anak dimasa pandemi agar tetap terjaga dan terlindungi kegiatan belajar mengajar dirumah tanpa adanya tatap muka dikelas.namun belajar dirumah ini mendapat pendampingan dari orang tua atau wali murid dan juga guru untuk monitoring ke rumahnya.

KEJAR RAKOM dilaksanakan oleh para Guru SDN 01 Tegalontar Setiap hari jam 10:00 WIB dan akan disiarkan kembali pada jam 16:00 WIB melalui radio komuntas ppk fm Sragi.
Kegiatan KEJAR RAKOM dapat diikuti oleh murid SDN Tegalontar 01 dan murid lainnya di wilayah kecamatan Sragi melalui radio konvensional ataupun menggunakan HP tanpa menggunakan kuota internet.

Hal ini menjadi alternatif yang dapat membantu kegiatan pembelajaran siswa dimasa Pandemi ini tanpa menggunakan Biaya Internet bagi murid, dan bagi murid yang tidak ada radio bisa pinjam ditetangga atau bisa datang ke temannya dengan batasan maksimal 5 orang menggunakan protokol kesehatan yaitu cuci tangan, memakai masker dan saat jam belajar memakai seragam sekolah saat mendengarkan radio " tutur Yoso.


















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEJAR RAKOM Solusi Belajar di masa Pandemi Covid 19"

Posting Komentar