Home » » Penjual Daun Pisang Jadi Pembuat Rengginang

Penjual Daun Pisang Jadi Pembuat Rengginang

Written By ppkfmsragi.blogspot.com on Rabu, 03 Juli 2013 | 06.33

Kalijambe, Sragi  Surkom (SK) - Melalui kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan, Mundariyah warga Desa Kalijambe, Dukuh Genteong Wetan, RT 01 RW 12 yang semula berjualan daun pisang, sejak dua tahun silam beralih menjadi pembuat rengginang
Mundariyah  adalah Anggota Kelompok SPP di desanya sejak tahun 2008 silam. Saat diwawancara tim verifikasi, ibu yang berusia 56 tahun ini mengatakan dulunya mengikuti pinjaman SPP untuk modal jualan daun pisang dengan membeli daun pisang di kebun-kebun, kemudian dibawa ke Pasar Kalijambe untuk dijual. Selanjutnya mencoba membuat rengginang dari ketan untuk dijual dalam bentuk mentah maupun matang.
Hasil dari percobaannya, ibu yang mempunyai 3 anak ini kemudian menadapat pesanan dari tetangganya untuk keperluan hajatan.
Kini setiap harinya  dia mendapat pesanan hingga 7 kg. Rengginang ketan yang dibuat ibu Mundariyah  dijual Rp. 25 ribu per kilogram dalam bentuk mentah, sedangkan dalam satu blik (tempat kantong roti ukuran besar) dijual hingga 60 ribu.
Saat pertama bergabung, dia mendapat pinjaman SPP sebesar satu juta rupiah, kemudian pada periode berikutnya meningkat satu juta lima ratus ribu rupiah, hingga pinjaman ketiga mendapat dua juta rupiah. Kini dirinya mengajukan pinjaman sebesar tiga juta rupiah untuk menambah modal menjelang puasa tahun ini. (djnrt)

0 komentar:

Posting Komentar

streaming ppk fm sragi

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. radio Komunitas PPK Fm Sragi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger