Home » » Pemilih Dilarang Bawa Ponsel Berkamera

Pemilih Dilarang Bawa Ponsel Berkamera

Written By ppkfmsragi.blogspot.com on Rabu, 02 Desember 2015 | 20.21

Pekalongan, Suara Komunitas. - Jangan sekali-kali membawa ponsel berkamera saat mencoblos di TPS. Larangan itu disampaikan Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal, Sabtu (28/11) dalam sosialisasi di Kantor Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan - Jawa Tengah.
Menurutnya, pelarangan pemilih membawa telepon seluler itu diperuntukkan semua orang memiliki hak suara pada pilkada. Sebab, lanjut dia, hal demikian dikhawatirkan rawan politik.
 Bagi pemilih yang membawa ponsel berkamera, KPPS menyediakan penitipan. “Itu (membawa ponsel berkamera,red) dilarang. Petugas KPPS juga menyediakan tempat penitipan ponsel tersebut atau pemilih bisa menitipkan ponsel berkamera itu ke petugas KPPS,” ujarnya.
Larangan membawa ponsel saat pencoblosan suara sudah sejak pemilu legislatif tahun lalu. dikutip dari kantor berita Antara, penggunaan ponsel berkamera ini untuk menghindari adanya indikasi pemilih yang sudah mencoblos akan menggunakan kamera pada telepon seluler untuk memotret pilihannya, lalu menunjukkan kepada calon yang dipilih.
“Selama ini ada praktik politik uang. Caranya, setelah dia coblos, dia rekam, terus dia laporkan hasil coblosannya untuk mendapatkan imbalan,” kata Hadar di Gedung KPU, Selasa (8/4/2014).
Untuk meningkatkan tingkat partisipasi warga, KPU Kabupaten Pekalongan gencar melakukan sosialisasi Pilkada 9 Desember 2015. Seperti yang dilakukan di depan kantor Kecamatan Doro dengan peserta 154 orang.
Adapun untuk persiapan pelaksanaan pemungutan suara di TPS pada 9 Desember mendatang. KPU selam tiga hari berturut-turut melakukan pengepakan beberapa logistik pilkad seperti surat suara, alat tulis kantor, bantalan coblosan dan sebagainya ke kotak suara.
Pengepakan itu, kata Abi, melibatkan petugas PPK di seluruh Kabupaten Pekalongan. Selain itu, pihaknya juga menggelar simulasi pemungkutan suaran di lima titik di daerah Kabupaten Pekalonga. Tujuannya agar petugas KPPS mengerti betul proses pemungutan suara, sehingga tidak gagap ketika menjalankan tugasnya. (b)
sumber : jurnaliswarga

0 komentar:

Posting Komentar

streaming ppk fm sragi

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. radio Komunitas PPK Fm Sragi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger